Topik pada kegiatan tersebut adalah tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap kesehatan mental Anak Usia Dini (AUD). Pada topik tersebut menjelaskan tentang apa saja jenis-jenis pola asuh yang di terapkan orang tua pada anak, lalu pola asuh tersebut apakah berpengaruh pada kebiasaan sehari-hari sang anak atau tidak. Pada topik ini membahas pula tentang apa saja pengaruh yang ditimbulkan dari pola asuh yang dilakukan oleh orang tua terhadap kesehatan mental anak anak usia dini. Pada topik ini pula di berikan contoh pada kehidupan sehari-hari pola pola asuh orang tua terhadap anak.

Kesehatan mental  tidak hanya di bangun dari masa remaja ke dewasa namun anak usia dini juga harus memiliki kesehatan mental yang baik agar dapat bertumbuh kembang dengan optimal. Selain itu pola asuh dari orang tua juga berpengaruh terhadap kesehatan mental anak baik atau tidak. Sehingga orang tua harus mengetahui pola asuh yang baik dan tepat agar anak dapat berkembang dan tumbuh dengan optimal. Keterkaitan antara pola asuh dan kesehatan mental sangat berkaitan sehingga kami mengangkat tema ini untuk membuat orang tua, calon tua serta orang-orang dewasa dapat melakukan pola asuh yang tepat bagi anak anak usia dini.

Webinar yang dilaksanakan pada 10 Juli 2021 ini berlangsung dengan baik, lancar dan sesuai dengan harapan. Peserta juga sangat antusias terhadap materi yang disajikan, peserta webinar ini pula berasal dari bermacam usia dan daerah yang berbeda. Peserta kegiatan ini juga aktif dalam bertanya dan menyimak materi yang di sampaikan. Peserta kegiatan ini berjumlah hampir 400 peserta.

Pemateri pada kegiatan ini berasal dari 2 universitas ternama yakni IAIN Curup dan Universitas Lampung, Yaitu ibu Rahma Tyas , Ibu Ratna Widiastuti, dan Ur Ridho Hasbi. Ketiga pemateri tersebut menyampaikan materi yang berbeda dengan gaya yang berbeda pula. Ibu Rahma Tyas menyampaikan materi tentang apa saja pola asuh orang tua terhadap anak serta menyampaikan bagaiamana pola asuh yang berkembang di Indonesia. Sedangakan ibu Ratna Widiastuti menyampaikan materi tentang pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap kesehatan mental anak usia dini yang dikemas dengan materi yang cukup ciamik sehingga peserta dapat memahami dan mengerti tentang apa saja yang menjadi pengaruh dalam pola asuh orang tua dengan kesehatan mental anak usia dini. Pemateri ketiga adalah Ur Ridho, Pemateri ini menyampaikan tentang contoh-contoh pola asuh orang tua secara sederhana dan mudah di mengerti dengan gaya bahasa yang anak milenial. Dari ketiga pemateri tersebut peserta antusias sekali terhadap materi tersebut. Pemateri juga memberikan cindera mata terhadap peserta yang pertanyaanya menarik sehingga peserta sangat antusias dalam kegiatan tersebut.

Poin menarik dari kegiatan tersebut adalah pemateri yang mampu menarik perhatian dan antusias dari peserta dengan memberika cindera mata terhadap peserta yang akan mengajukan pertaanyaan dan dipilih oleh pemateri, selain itu juga peserta menghidupkan kamera dengan background yang telah di sediakan dan peserta juga tertib selama kegiatan berlangsung.

By bk

Leave a Reply

Your email address will not be published.