TUJUAN

Tujuan Program studi Bimbingan & Konseling FKIP Universitas Lampung adalah:

  1. Menghasilkan lulusan  bimbingan dan konseling yang profesional dan bermartabat.
  2. Menghasilkan lulusan bimbingan dan konseling yang kompetitif  dan berkarakter positif
  3. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu bimbingan dan konseling ilmu dan berketrampilan tinggi dalam melaksanakan layanan  bimbingan konseling  yang aplikatif  di Lampung.
  4. Menghasilkan lulusan bimbingan dan konseling yang mampu memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat khususnya di lingkungan sekolah.
  5. Menghasilkan lulusan bimbingan dan konseling yang berkarakter positif dan  trampil  mengelola layanan Bimbingan & Konseling untuk meningkatkan kesehatan mental  masyarakat.

SASARAN DAN STRATEGI

Strategi untuk mencapai sasaran di bidang pendidikan, yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan berkarakteristik, empatik, autentik, dan kreatif.
  • Melatih empati mahasiswa melalui kegiatan donor darah, kerja bakti, bazar sosial, dan layanan BK traumatis.
  • Memberikan konsekuensi tegas pada mahasiswa yang melakukan kecurangan atau plagiarisme untuk membentuk membentuk pribadi autentik
  • Memberi kebebasan mahasiswa bertindak kreatif melalui Formabika untuk mengadakan kegiatan diskusi ilmiah, seminar, dan workshop
  • Melaksanakan kegiatan diskusi bulanan tentang kode etik dan kegiatan kemahasiswaan.
  1. Menghasilkan lulusan dengan IPK ≥ 3,25.
  • Menyusun Prosedur Operasional Standar (POS) perkuliahan dan evaluasi proses perkuliahan
  • Memberi dosen tugas mengajar sesuai bidang keahlian secara proporsional
  • Meningkatkan mutu proses perkuliahan melalui perbaikan metodologi pembelajaran, kurikulum, cara evaluasi, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran
  • Mengikutsertakan dosen mengikuti pelatihan di bidang pembelajaran
  • Memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kehadiran mahasiswa, kehadiran dosen, materi kuliah
  • Melaksanakan kegiatan diskusi bulanan tentang perkuliahan
  • Mengefektifkan kegiatan tutorial pada mata kuliah yang dianggap sulit
  • Mengefektifkan kegiatan praktek pada mata kuliah yang membutuhkan latihan
  • Meningkatkan jumlah sarana pembelajaran (buku, teks, LCD, Laptop, dan Alat Praktikum)
  • Mempertahankan jumlah kehadiran dosen yang mencapai 100%, mengganti waktu perkuliahan, atau memberikan tugas terstruktur saat dosen berhalangan hadir
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas prasarana perkuliahan
  1. Menghasilkan lulusan dengan waktu penulisan skripsi ≤ 6 bulan.
  • Membuat payung penelitian
  • Menyusun POS pelaksanaan penelitian dan pembimbingan skripsi
  • Mengefektifkan kartu kendali penelitian dan penulisan skripsi
  • Melaksanakan kegiatan diskusi bulanan tentang bimbingan skripsi antar dosen maupun mahasiswa
  • Dosen melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa
  • Menciptakan suasana bimbingan yang kondusif dan dinamis
  • Memberi tugas-tugas perkuliahan yang relevan dengan topik rencana skripsi mahasiswa
  • Memberi tugas review jurnal yang berkaitan dengan topik rencana skripsi mahasiswa
  1. Menghasilkan lulusan dengan masa studi ≤ 4 tahun.
  • Menyusun POS penyelenggaraan program studi
  • Mengefektifan peran PA
  • Melibatkan mahasiswa dalam payung penelitian dosen

Strategi untuk mencapai sasaran di bidang penelitian, yaitu:

  1. Meningkatkan partisipasi dosen dalam kegiatan ilmiah (semiar/lokakarya/penataran/workshop).
  • Mengirim dosen untuk mengikuti seminar/ lokakarya/ penataran/ workshop
  • Mendatangkan pakar untuk memberikan materi seminar/ lokakarya/ penataran/ workshop
  • Mengirim dosen untuk menyeminarkan hasil penelitiannya
  • Mengirim dosen untuk mengikuti pelatihan jurnal ilmiah bertaraf internasional
  • Memotivasi dosen untuk menulis artikel pada jurnal internasional
  • Melaksanakan seminar lokakarya, penataran, atau workshop minimal 1 kali setahun yang diprakarsai oleh dosen dibantu mahasiswa
  1. Meningkatkan jumlah penelitian dosen.
  • Melaksanakan kegiatan diskusi bulanan tentang penelitian-penelitian terkini
  • Membentuk peer group penelitian dosen
  • Berlangganan jurnal penelitian secara berkala
  • Menambah dan memperbarui bahan pustaka (Prosiding dan Buku-buku teks)
  • Memotivasi dosen untuk mengikuti kompetisi hibah penelitian
  1. Meningkatkan jumlah publikasi karya ilmiah dosen dalam jurnal.
  • Mengirim artikel pada jurnal ilmiah nasional dan internasional
  • Menyajikan makalah dalam seminar nasional dan internasional

Strategi untuk mencapai sasaran di bidang pengabdian dan masyarakat, yaitu:

  1. Meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen.
  • Mengikutsertakan dosen untuk mengikuti pelatihan bidang pengabdian kepada masyarakat
  • Membentuk peer group dengan bidang keahlian yang relevan
  • Meraih hibah PKM
  1. Meningkatkan jumlah publikasi pengabdian kepada masyarakat dosen melalui media massa.
  • Mengirim artikel pada media massa lokal atau nasional ‘
  • Menyajikan makalah dalam seminar nasional dan internasional

Strategi untuk mencapai sasaran di bidang kerjasama, yaitu:

  1. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi lain di dalam negeri.
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait
  • Memperbanyak jumlah kegiatan pelayanan psikotes, penjurusan dan konsultasi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK
  • Berkerjasama dengan sekolah-sekolah dalam penempatan mahasiswa melalui program PLBK
  • Melibatkan dosen PSK dalam berbagai kegiatan baik sebagai narasumber, konsultan, maupun peserta
  1. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi lain di luar negeri.
  • Menjajaki kerjasama dengan berbagai instansi asing untuk program pertukaran mahasiswa
  • Memperbanyak jumlah kegiatan riset bersama dengan perguruan tinggi lain
  • Berkerja sama dengankedutaan asing dalam peningkatan kemampuan bahasa asing dosen dan mahasiswa